PENA ADAKAN PELATIHAN MITIGASI BENCANA BERSAMA GESIT (GERAKAN SIAGA & TANGGAP BENCANA)

Tanggal : 21 November 2019
Penulis : Gemintang Kejora Mallarangeng

Pada tanggal 21 – 23 November 2019, PeNa (Peduli Bencana) – divisi tanggap bencana Yayasan Karya Alpha Omega, mengadakan pelatihan mitigasi bencana yang bersama GESIT (Gerakan Siaga & Tanggap Bencana) di Istana Kana, Cikini. GESIT ini meliputi JDN, AOCare, Royal Rangers, MY HOME, PGLII, Lumbung Yusuf Indonesia, dan BNPB. Pelatihan ini diikuti oleh 20 partisipan dari berbagai latar belakang kultural dan komunitas.

Mengingat keadaan geografis Indonesia yang rawan bencana, kesiapsiagaan masyarakat menjadi penting dalam memastikan jumlah korban sesedikit mungkin. Untuk itu, pelatihan ini dibuat untuk memberikan pemahaman, pelatihan, dan pengalaman praktis sehingga para peserta dapat menjadi pelatih bagi komunitas mereka sendiri. Dengan cara ini, masyarakat dapat memberikan respon yang tepat dalam kondisi bencana dan keadaan darurat.

Dalam rentang tiga hari, peserta menerima banyak materi tentang beberapa jenis bencana yang berbeda. Materi tersebut meliputi penilaian bencana, langkah-langkah keselamatan, strategi evakuasi, pertolongan pertama, pencarian dan penyelamatan, dan banyak informasi lain yang terkait dengan bantuan dan mitigasi bencana. Pelatihan ini juga mencakup simulasi praktis sehingga peserta dapat langsung menerapkan pengetahuan yang mereka terima.

Para peserta sangat antusias dan aktif selama pelatihan. Banyak yang mengutarakan manfaat yang mereka terima selama pelatihan. “Saya merasa diberkati. Melalui pelatihan ini saya mendapat banyak pembelajaran baru terutama bagaimana langkah awal dalam menghadapi bencana. Saya harap kedepannya saya bisa mengajarkan orang lain”, ujar Marino - salah satu peserta pelatihan.

Salah satu bagian yang menarik dari pelatihan ini adalah bahwa sekitar dua pertiga dari pesertanya berasal dari latar belakang jurnalistik. Hal ini dilakukan dengan harapan bahwa para peserta ini tidak hanya akan membantu komunitas mereka sendiri, tetapi juga agar gagasan tentang kesadaran bencana dapat tersebar lebih luas. Program pelatihan ini berharap bahwa itu tidak hanya akan memberikan dampak bagi para peserta, tetapi juga bagi masyarakat secara keseluruhan.

PeNa dan Yayasan Karya Alpha Omega ingin mengucapkan terima kasih kepada semua mitra yang terlibat atas dukungannya kepada  pelatihan ini dan juga terima kasih khusus kepada Perwamki (Persatuan Wartawan Media Kristen Indonesia) dan Pewarna (Persatuan Wartawan Nasrani) atas partisipasi dan penghargaan mereka atas seluruh proses pelatihan. Semoga pelatihan ini akan menjadi langkah awal menuju masyarakat yang siap siapa menghadapi bencana.